CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

About Me

Foto saya
Maya Fitriana Anisa nama saya..Anak pertama dari 4 bersaudara . Suka coklat,eskrim dan permen karet ♥ yummy! tipe darah A dengan zodiak Aries :p

Rabu, 09 Maret 2011

Terbentuknya Alam Semesta (MATEMATIKA & IAD)

Berhubung tugas kuliah saya yang diberikan kali ini  bertema “alam semesta”.Maka tulisan saya kali ini,saya ingin membahas tentang terbentuknya alam semesta.
Seperti yang saya kutip dari buku Ilmu Alamiah Dasar (IAD), Drs.Supartono.W.,M.M.dkk.
Bahwa pada dasarnya ada dua pendapat menegenai TERBENTUKNYA ALAM SEMESTA ,yaitu :

1.     TEORI PEMUAIAN
Teori ini dikemukakan oleh Hubble (1940) dan dikembangkan oleh pakar astronomi dan muncullah TEORI DENTUMAN BESAR oleh George Gamow.
Gamow adalah pakar keahlian Rusia yang bekerja di Amerika mengemukakan bahwa alam semesta pernah merupakan suatu bola raksasa yang padat terdiri dari neutron disebut Yelm.
Yelm ini meledak terpencar ke alam luas dan menguraikan neutron dan menjadi proton serta elektron (ini terjadi diperkirakan sekitar 10 milyar tahun yang lalu looooh).Setelah 30 juta tahun kemudian,bersamaan dengan suhu yang menurun, terbentuklah semua unsur yang ada di alam sekarang ini. Pada suhu sekitar 300 derajad semua unsur berubah menjadi gas. Gumpalan gas inilah yang menjadi awal dari sebuah galaksi.

2.    TEORI KEADAAN TETAP
Menyebutkan bahwa alam semesta selalu memuai dengan laju tetap dan materi baru terus menerus tercipta. Teori ini dikemukakan oleh Fred Hoyle,Herman Bondi dan Thomas Gold. Mereka menyatakan bahwa alam semesta terus menerus dalam keadaan tetap, tidak berawal dan tidak berakhir Akibatnya, dalam ruang tertentu selalu dipadati oleh materi yang berjumlah tetap.Di mana-mana sama setiap saat. Agar alam semesta selalu dalam keadaan begitu maka perlu diciptakan bahan baru secara sinambung. Bahan baru ini menimbulkan tekanan yang memaksa alam semesta memuai secara terus-menerus. Bahan baru tersebut selanjutnya memadat menjadi galaksi untuk mengisi kekosongan yang ditimbulkan karena pemuaian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Maya Fitriana Anisa

ƪ(♥ε♥)ʃ Papah ƪ(♥ε♥)ʃ Mamah ƪ(♥ε♥)ʃ Edho ƪ(♥ε♥)ʃ Mia ƪ(♥ε♥)ʃ Meutia ƪ(♥ε♥)ʃ Ichsanuddin Clan ƪ(♥ε♥)ʃ aunty Ika Ernitha ƪ(♥ε♥)ʃ Psychology ƪ(♥ε♥)ʃ Drawing ƪ(♥ε♥)ʃ Reading ƪ(♥ε♥)ʃ